Kawasan Menganti

Menganti adalah kota kecamatan yang berada di wilayah bagian selatan kabupaten Gresik, yang berbatasan langsung dengan kota Surabaya bagian barat. Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh aktifitas publik, bisnis, pekerjaan penduduk dilakukan di Surabaya, hal ini dikarenakan kedekatan geografis dan faktor magnet kota metropolis.

Akses utama adalah Jalan Raya Menganti, yakni jalan lurus membentang sejauh kurang lebih 20 km yang menghubungkan Menganti dengan Surabaya. Titik timur berada di Surabaya, tepatnya di pertigaan Kedurus, yaitu persinggungan Jalan Raya Menganti dengan Jalan Raya Mastrip. Sedangkan di titik barat berada di perempatan Bringkang Menganti, yaitu perpotongan Jalan Raya Menganti dengan Jalan Raya Bringkang yang menghubungkan kota Gresik dengan Sidoarjo dan Mojokerto.

Jalan Raya Menganti membelah 3 wilayah kecamatan, yakni Wiyung dan Lakarsantri Surabaya serta Menganti Gresik. Dari ujung timur akan melewati daerah / kawasan sebagai berikut : Gogor, Gemol, Kramat, Wiyung, Karangan, Babatan, Lidah Wetan, Lidah Kulon, Sepat, Jeruk, Banjarmelati, Lakar Wetan, Lakar Kulon, Grogol, Laban Wetan, Laban Kulon, Setro, Pengampon, Balongdinding, Sidowungu, Boro, Sidomulyo, Menganti, Krajan, Karangturi, Sidojangkung, Bringkang. Dqri keseluruan kawasan tersebut, sekitar 60% berada di wilayah Surabaya.

Kecamatan Wiyung terdiri dari kelurahan Babatan, Balas Klumprik, Jajartunggal & Wiyung.

Kecamatan Lakarsantri terdiri dari kelurahan Bangkingan, Jeruk, Lakarsantri, Lidah Kulon, Lidah Wetan & Sumur Welut.

Kecamatan Menganti terdiri dari kelurahan Pranti, Bringkang, Mojotengah, Menganti, Hulaan, Sidowungu, Setro, Laban, Pengalangan, Randupadangan, Drancang, Pelemwatu, Sidojangkung, Domas, Gadingwatu, Beton, Putat Lor, Boteng, Boboh & Gempolkurung.

Sorry, the comment form is closed at this time.

MENGANTI.COM – Media Info Kota – City Guide